LINUX MERUPAKAN SISTEM OPERASI MASA DEPAN, AKANKAH....????





Postingan kali ini akan membahas tentang System Operasi Open Source Linux.

Saya berpendapat ini mungkin dan akan terjadi dilihat dari mudahnya mendapatkan sistem operasi ini serta bebas mendistribusikannya tanpa melanggar aturan lisensi yang ada namun bukan berarti sistem operasi ini kalah dengan sistem operasi komersil yang ada. Sistem operasi komersil seperti windows yang membutuhkan biaya mahal untuk mendapatkannya, belum lagi biaya update serta upgrade hardware untuk memenuhi syarat sistem yang diupdate akan mengurangi niat user untuk menggunakannya. Dampak lain yang juga sekarang sedang terjadi yaitu pembajakan besar-besaran. contoh seorang mahasiswa dituntut menggunakan sistem operasi komersil ini karena edukasi yang diberikan oleh universitas mengharuskannya secara langsung ataupun tidak langsung, karena terkendala biaya yang mahal tadi mau tidak mau pembajakan terjadi dan ini fakta.

Seperti kita ketahui bahwa Linux merupakan salah satu Operating System Open Source turunan UNIX yang berlisensi GPL (GNUGeneral Public Lisence) diamana pendistribusian dan pengembanganya dapat dilakukan secara bebas. Linux memiliki kemampuan true-multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, prorper memory managament, dan multi user.

Dari e-book yang pernah saya baca (download disini) bahwa pada tahun 1991 seorang Hacker berkebangsaan Finlandia bernama Linus Benedict Torvalds mengembangkan sebuah sistem UNIX yang dapat diimplementasikan di komputer setingkat PC yang dikenal dengan nama Linux yang bertujuan untuk memasyarakatkan UNIX. Linux juga dapat difungsikan sebagai sistem operasi server dan ini terbukti dari banyaknya perusahaan web server serta perusahaan-perusahaan maju lainnya yang telah menggunakan teknologi jaringan komputer. Penggunaan Linux juga meninggkat dengan pesat, salah satu alasannya Linux mempunyai tingkat kestabilan yang sangat baik, server Linux mampu berfungsi ratusan hari tanpa booting (uptime), selain itu karena Linux merupakan OS Open Source sehingga tidak membutuhkan biaya mahal serta dapat didistribusikan untuk beberapa server tanpa melanggar aturan lisensi.

Berikut pemaparan tentang kelebihan serta kelemahan Sisitem Operasi Linux ;

1. Basis yang fleksibel untuk internet client, server internet/intranet, file server, database, dan jaringan.

2. Merupakan sistem operasi yang sangat stabil, kestabilannya stara dengan sistem Unix komersil seperti server Linux.

3. Pendistribusian gratis tanpa harus terikat lisensi menjadikan Linux sistem Operasi termurah dan Powerfull.

4. Sangat cocok untuk pengguna tingkat PC.

5. Banyaknya aplikasi Linux yang bisa didapat dengan gratis.

6. Aplikasi kantor yang juga cukup banyak.

7. Perkembangan kernel yang demikian cepat dan tambahan fungsi-fungsi baru.

8. Source code terbuka dan lengkap, user dapat mengembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Dan masih banyak lagi yang tidak sempat untuk disebtukan satu persatu. Sesempurna apapun ciptaan manusia, pasti ada kelemahan yang hanya membutuhkan waktu untuk menyempurnakannya.

Kelemahan ;

1. Insatalasi cukup rumit dibanding windows.

2. Aplikasi game masih sedikit.

Bukan sekedar isu bahwa Linux merupakan Sistem Operasi Masa Depan, fakta bahwa sudah banyak perusahan dan instansi pemerintah yang menggunakannya, diantaranya ;

1. United States Postal Service (USPS) menggunakan Linux yang dipakai diseluruh Amerika, merupakan mesin yang digunakan sebagai mesin pengenalan karakter untuk mensortir alamat surat.

2. Perusahaan Digital Domain menggunakan 200 Dec Aplah dengan Linux untuk membuat animasi di film TITANIC.

3. Digunakan sebagai perangkat lunak instrumentasi dan kendali percobaan perkembangan tanaman di luar angkasa, diterbangkan di Space Shuttle Columbia STS-83 April 1997.

4. Digunakan oleh US Army sebagai Manouvver Control System/Phonix (MCS/P) sebagai perangkat command and control system.

5. Masih banyak lagi instansi pemerintah dan perusahaan yang menggunakan Linux, karena tingkat kestabilannya yang lebih baik dibandingkan Windows NT dan harga yang sangat murah dibanding Unix komersial.

Selain itu Linux memungkinkan perangkat keras yang dibutuhkan tidak terlalu besar bahkan untuk web atau email server hanya dengan menggunakan perangkat komputer 386. Dengan perangkat keras yang sama Linux menawarkan tingkat kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Operasi Sistem komersil lain. Linux sangat tepat untuk menggantikan Windows NT maupun sistem Unix komersil berkat protolol TCP/IP dan Netscape.

Sistem Operassi desktop Linux untuk menggantikan Windows 98 juga sangat disarankan. Karena Linux memiliki keunggulan yang tidak dipunyai sistem operasi yang lain. Dengan segala keuntungan diatas tidak mustahil dan mungkin akan terjadi Linux akan menjadi sistem operasi no 1 di masa yang akan datang dan menggeser posisi windows, tinggal menunggu waktu.

Dari pemaparan diatas siapkah anda migrasi ke sistem operasi Linux...??? atau paling tidak menggunakan versi desktopnya untuk membuktikannya kelebihan Linux yang Powerfull.

Berikut Link untuk mendownload ebook tentang Linux.

1. Pengenalan Linux

2. Linux & aplikasinya

3. Administrasi jaringan Linux

4. Mandiri belajar Linux

1 comments:

h said...

nice artikel, ijin kutip di blog saya : http://mantsoetoro.blogspot.com

Post a Comment