Pengertian Organisasi



ORGANISASI

Pada postingan ini saya menulis tentang apa itu organisasi, ruang lingkup organisasi, hubungan antara organisasi dengan manajemen, dan hal lain yang besangkutan tentang organisasi. Pada postingan ini saya juga menyediakan link untuk mendownload sebuah tulisan tentang pembahasan organisasi secara lengkap.

Istilah organisasi dapat diartikkan sebagai :

wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama

proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.

Pengertian organisasi secara lengkap adalah : rangkaian proses kegiatan yang dilakukan untuk menigkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang akan menentukan b erhasilnya proses manajemen, dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Organisasi dapat dikaitkan dengan metode, dan dari pengertian diatas keterkaitan antara organisasi dan metode antara lain :

* Organisasi dan metode merupakan kunci pelaksaan yang tepat
* Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang terssedia

Organisasi dan metode berguna untuk meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan suatu organisasi

Organisasi juga sangat berkaitan erat dengan manajemen. Manajemen merupakan proses kegiatan manajer dengan cara-cara pemikiran yang rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja.

Kegiatan manajemen dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

* Planning

Merupakan kegiatan non fisik sebelum melaksanakan kegiatan fisik.

* Organizing

Meerupakan proses penyusunan pembagaian kerja dan fungsi-fungsi serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi tersebut secara tepat.

* Motivating

Merupakan segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat, pemberian cuti, maupun yang bersifat jasmaniah seperti pemberian tunjangan, penyedian fasilitas dan sebagainya.

* Controlling

Rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilain sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan.

Dari uraian diatas dapat dirumuskan bahwa manajemen merupakan proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbale balik antara kegiatan dan kerjasama antara pihak yang satu dengan puhak lainnya.

Maka untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk satu organisasi yang pada pokonya secara fungsional dapat diartikan sebagai kelompok manusia yang dpersatukan dalam suatu lingkungan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Dari uraian diatas dapat dairtikan bahwa fungsi organisasi merupakan alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Maka dalam rangka manajemen harus ada organisasi.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen dan organisasi sangat erat hubungannya dan tidak dapat terpisahkan.

Manajemen : merupakan proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antara manusia.

Organisasi : sebagai alat untuk mencapai tujuan dan alat pengelompokkan kerja sama.

Untuk mengetahui apa itu organisasi dan keterkaitannya dengan hal - hal yang lainnya pembaca dapat mendownload sebuah tulisan yang telah saya susun, pada Link di bawah.

download e-book

0 comments:

Post a Comment